Pengguna sepeda motor di Indonesia semakin hari semakin banyak. Alat
transportasi beroda dua ini memang dianggap efisien dan perawatannya pun
tidak terlalu sulit.
Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman dengan Anda
bagaimana meningkatkan kecepatan sepeda motor tanpa harus menggantinya
dengan yang baru, yaitu dengan cara bore up. Berikut adalah langkah-langkahnya:
2.Mengganti klep. Penggantian ini ditujukan agar daya hisap dan juga buang hasil pembakaran mesin motor kita lebih cepat dengan volume yang lebih besar karena klep yang digunakan lebih cepat.
3.Mengganti noken as dengan yang racing atau membubutnya. Hal ini bertujuan agar putaran yang dihasilkan lebih cepat sehingga fungsi klep lebih cepat digunakan karena ukuran noken as dan juga sudutnya yang lebih kecil dan lancip.
4.Mengganti CDI dengan yang racing. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengapian (ignition) yang sempurna dengan tanpa batas sehingga pembakaran lebih besar dan mampu menghasilkan tenaga yang besar pula.
5.Mengganti karburator dengan ukuran yang lebih besar. Karburator merupakan bagian penting dalam mesin motor karena sebagai penyuplai bensin dalam pembakaran. Apabila semua mesin sudah di-bore up, maka karburator yang diperlukan juga lebih besar untuk hasil pembakaran dan suplai bensin yang sempurna.
6.Mengganti knalpot dengan yang racing. Mengganti knalpot dengan yang racing dapat meningkatkan tenaga 1,8-3 Hp. Tentu jika tenaga motor kita ingin meningkat, exaust motor kita pun harus lebih besar agar pembuangan menjadi sempurna.
Perhatian : klw cma ganti piston saja, tidak akan berpengaruh besar terhadap
kecepatan motor, pergantian piston juga harus memperhatikan ukuran
oversize dari piston itu, jika hanya sampai 100 karburator juga harus
distel ulang atau disesuaikan, bila tidak mesin cpt panas atau tenaga
tertahan. karbu masih bisa menggunakan standar atau cari yang memiliki
skep besar. tapi kecepatan tidak akan bertambah drastis, hanya sekitar
2-5% saja. agar tenaga tidak terbuang percuma, anda bisa mengganti gear
belakang dengan ukuran lebih kecil atau gear depan diperbesar. mis: gear
belakang 36 gigi, bisa diganti dengan gigi 35, atau yang depan 14 gigi
bisa diganti dengan 15 gigi. tapi resikonya harus ganti rantai jika
tidak muat.
ukuran karbu yang besar juga bukan penyelesaian yang tepat, melainkan karburator yang sesuai dengan ukuran tersebut. bila ukurannya tidak sesuai, tenaga malah loss karena tidak terbakar sempurna di ruang bakar (membuang bahan bakar).
ukuran karbu yang besar juga bukan penyelesaian yang tepat, melainkan karburator yang sesuai dengan ukuran tersebut. bila ukurannya tidak sesuai, tenaga malah loss karena tidak terbakar sempurna di ruang bakar (membuang bahan bakar).
bila tidak mengganti piston, anda bisa menggunakan part pengapian
racing, sperti koil + kabel, cdi, dan busi, atau biasa disebut dengan
paket 1, termasuk memapas silinder blok 0,2 sampai 0,4 mm (jangan sampai
mentok piston dengan busi atau klep.
intinya pergantian piston, ditujukan untuk menambah daya bukan menambah
kecepatan. apalagi jika cdi motor anda menggunakan speedlimiter. jika
ingin menambah kecepatan, harus ada perhitungan kembali dari rasio gigi
transfer (persnelling) motor anda.
Pada dasarnya, ada banyak pilihan lain yang bisa kita lakukan untuk
meningkatkan tenaga motor selain keenam poin yang saya sebutkan di atas.
Namun, dengan menerapkan keenam langkah di atas, insya allah kecepatan
sepeda motor kita akan meningkat.
Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!
1 comments:
thanks gan infonya....berguna banget buat ane
Posting Komentar